Pengukuhan Krida Saka Kalpataru

Oleh Berita Rembang Online](http://rembangonline.blogspot.com/)
Saka Kalpataru adalah Saka Lingkungan yang merupakan satuan Karya Pramuka tempat meningkatkan pengetahuan, pengalaman, ketrampilan dan kecakapan, dan kepemimpinan Pramuka Penegak dan Pendega serta sebagai wadah untuk menanamkan kepedulian dan rasa tanggung jawab dalam mengelola, menjaga dan mempertahankan serta melestarikan lingkungan untuk keberlanjutan generasi sekarang dan mendatang. Saka Kalpataru terbentuk dari kesepakatan bersama antara Menteri Negara Lingkungan Hidup dengan Ketua Kwartir Nasional Gerakan Pramuka No. 17/MENLH/11/2011 dan No. 014/PK-MoU/11/2011 tentang Pelaksanaan Program dan Kegiatan Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup.
Gubernur Diminta Segera membentuk Saka Kalpataru
Perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup perlu peran serta aktif masyarakat, terutama kelompok generasi muda yang berperilaku ramah lingkungan. Gerakan Pramuka yang bersifat dinamis merupakan mitra muda yang strategis dalam perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup. Pembentukan Saka Kalpataru bertujuan untuk memberi wadah pendidikan dan pembinaan bagi Pramuka Penegak dan Pramuka Pendega untuk menyalurkan minat, mengembangkan bakat, kemampuan dan pengalaman dalam bidang pengetahuan dan teknologi serta ketrampilan khususnya yang berkaitan dengan substansi Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup (PPLH) yang menjadi bekal penghidupannya untuk mengabdi pada masyarakat, bangsa dan negara.

Satuan Karya Pramuka Kalpataru untuk tahap awal meliputi tiga Krida saka Kalpataru yaitu :

1) Krida 3R (Reduce, Reuse, Recycle)

Ø SKK Komposting

Ø SKK Daur Ulang

Ø SKK Bank Sampah

2) Krida Perubahan Iklim

Ø SKK Konservasi & Hemat Air

Ø SKK Hemat Energi Listrik

Ø SKK Transportasi Hijau

3) Krida Konservasi Keanekaragaman Hayati

Ø SKK Pelestari Sumberdaya Genetik

Ø SKK Pelestari Ekosistem

Ø SKK Jas Lingkungan

Bentuk dan macam kegiatan Saka Kalpataru antara lain :

Ø Latihan Saka secara berkala

Ø Perkemahan Bakti Saka diikuti oleh anggota Saka yang bersangkutan dalam rangka bakti kepada masyarakat

Ø Perkemahan antar Saka untuk bertukar pengetahuan dan pengalaman

Ø Kegiatan khusus untuk kepentingan tertentu misalnya persiapan lomba, Hari Pramuka, Hari-hari Lingkungan Hidup, dll.

Pengukuhan 3 Krida Saka kalpataru

 
2
Kudos
 
2
Kudos

Now read this

Hal - hal dalam membaca puisi

Hal-hal membaca puisi puisi Hal- hal yang perlu diperhatikan dalam membaca puisi sebagai berikut: Ketepatan ekspresi/mimik Ekpresi adalah pernyataan perasaan hasil penjiwaan puisi. Mimik adalah gerak air muka. Kinesik yaitu gerak anggota... Continue →